Sunday 17 December 2017

Dilantik Jadi Dubes, Rusdi Kirana Lepas Jabatan Wantimpres dan Lion Air Featured

  • Saturday, 23 November 2013 01:55
  • Written by  Tempo.co

JAKARTA, KOMPAS.com - Rusdi Kirana memastikan bahwa ia sudah melepas jabatannya sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) sebelum dilantik sebagai Duta Besar RI untuk Malaysia.

"Sudah dilepas," kata Rusdi seusai pelantikannya sebagai Dubes RI untuk Malaysia, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Rusdi menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi untuk menunjuk penggantinya sebagai anggota Wantimpres.

Meski ia menjadi Wantimpres merepresentasikan Partai Kebangkitan Bangsa, Rusdi menilai,  penggantinya tak harus berasal dari partai yang sama.

"Tergantung dari Presiden," ujar Rusdi.

Sementara terkait posisi di perusahaan Lion Group, Rusdi menegaskan bahwa ia sudah tidak menjabat di perusahaan penerbangan itu dalam waktu yang cukup lama.

"Direksi-direksi kami yang menjalankan," kata dia.

"Kita memiliki cukup banyak penduduk di sana yang perlu dibantu. Itu salah satu alasan saya lebih baik berada di Malaysia membantu mereka," ucap Rusdi saat dicegat seusai pelantikannya di Istana Kepresidenan, Kamis, 18 Mei 2017.

 

Rusdi berujar, penduduk Indonesia yang paling membutuhkan bantuan di Malaysia adalah tenaga kerja Indonesia, terutama yang berstatus ilegal. Sebabnya, bagi dia, banyak dari mereka yang nasibnya tidak jelas atau tidak tertangani dengan baik.

Salah satu bentuk bantuan yang akan ia upayakan adalah pendidikan kejuruan dalam wujud balai latihan. Tujuannya adalah tenaga kerja Indonesia yang berada di Malaysia memiliki kemampuan kerja yang mumpuni untuk bertahan hidup di sana.

Selain itu, TKI diharapkan mampu bekerja di Indonesia saat kembali dari Malaysia. Rusdi Kirana ingin TKI yang kembali ke Indonesia dari Malaysia bisa membuka usaha sendiri dan tidak kembali ke Malaysia. "Kami berpikir mereka nantinya bisa buka UKM," ujar Rusdi, yang juga bekas bos Lion Air.

Bentuk bantuan lain adalah menjamin bantuan hukum maksimal untuk TKI yang bermasalah di Malaysia. Dengan begitu, nasib mereka tidak terkatung-katung. "Perlu diketahui, tidak ada siapa pun di dunia yang ingin anaknya bekerja di luar negeri (sebagai tenaga ilegal)," ujar Rusdi.

Rencananya, Rusdi akan mulai bertugas sebagai Duta Besar RI untuk Malaysia seusai Idul Fitri 2017.

 

 

 

Read 73 times Last modified on Thursday, 25 May 2017 01:01

1 comment

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Headlines

Stock Exchange